3 August

Inspirasi Desain Interior Rumah, Bagaimana Cara Merencanakannya?

Rumah merupakan tempat dimana kita tinggal, beristirahat setelah melakukan rutinitas di luar, dan menjadi tempat untuk menghabiskan sebagian waktu bersama keluarga. Oleh karenanya, sudah semestinya sebuah rumah bisa menghadirkan kenyamanan bagi para penghuninya. Sehingga tidak jarang orang-orang pun berusaha merencanakan desain interior rumah nya dengan sungguh-sungguh demi mencapai kenyamanan maksimal akan hunian. 

Tetapi, kenyataan di lapangan para pemilik rumah bahkan termasuk Anda sendiri seringkali menghadapi masalah saat ingin merenovasi ataupun membangun baru interior rumah. Permasalahan yang paling umum dalam proses desain interior adalah tidak dapat mengetahui dari mana harus memulainya.

Nah, sekarang Anda tidak perlu bingung lagi karena di bawah ini kami akan memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah untuk membantu Anda merencanakan desain interior yang terbaik untuk rumah Anda.

Daftar Isi

Pengertian Desain Interior Rumah

Sebelum masuk pada inti pembahasan mengenai langkah-langkah dalam merancang interior rumah, ada baiknya kita ulas kembali pengertian dari desain interior rumah itu sendiri.

Desain interior rumah adalah seni dan ilmu merancang dan menciptakan ruang yang kondusif untuk aktivitas manusia di dalam rumah. Terdapat banyak aspek yang masuk ke dalam desain interior ini, antara lain adalah perencanaan tata ruang dan desain visual atau tampilan/ gaya.

Singkatnya, penataan ruang sendiri berkaitan dengan tata ruang seperti penyediaan kamar tidur, ruang tamu, toilet, dapur, dll. Sementara desain visual berfokus pada estetika tampilan yang berdasar dari pemahaman bagaimana warna, tekstur, bentuk, dan objek saling berpadu.

Langkah-Langkah Merencanakan Desain Interior Rumah

Berikut adalah beberapa langkah untuk membantu Anda merencanakan interior rumah Anda dengan mudah dan nyaman:

Memahami Daftar Prioritas, Visi dan Kebutuhan

Langkah pertama dari proses desain interior rumah yaitu Anda perlu memahami kebutuhan Anda sendiri. Untuk melakukannya, coba jawab pertanyaan ini. Pertama berapa banyak orang yang tinggal di rumah Anda? Lalu, apa tujuan Anda ingin mendesain interior? Apa yang ingin Anda capai?

Dengan berbekal visi dan daftar kebutuhan yang jelas, hal ini tentu dapat lebih memudahkan Anda untuk berbagai pemikiran dengan desainer interior yang akan membantu Anda lebih jauh nantinya.

Menentukan Gaya Desain Interior Rumah

Menentukan gaya atau konsep interior rumah menjadi semakin penting daripada sebelumnya. Sebab, hal ini mencerminkan kepribadian rumah dan menciptakan suasana. Di samping itu, dengan memilih gaya interior secara matang maka Anda pun bisa memperoleh gambaran jelas mengenai benda, furnitur, warna, atau bahkan penutup lantai dan item-item lainnya yang harus Anda pilih karena semua telah berada di bawah satu payung konsep/ gaya desain.

Menggunakan Furnitur Dasar Terlebih Dahulu

Ketika mendesain interior, ada beberapa kemungkinan saat proses pemilihan furniture. Pertama, ukuran ruang kita menjadi bahan penentuan ukuran dan model kasar furniture. Kedua, orang-orang akan menemukan hal-hal yang mereka sukai terlebih dahulu baru kemudian menentukan apakah itu cocok dengan ukuran ruangan, dan hal lainnya. Jika ternyata tidak cocok, maka mencari kembali sesuatu yang serupa. 

Apapun itu, tetaplah berfokus pada furniture-furniture dasar terlebih dahulu. Contohnya apabila itu untuk ruang tamu, maka ini mungkin terdiri dari sofa dan meja sebagai permulaan.

Memilih Desain dan Bahan Lantai

Memilih lantai yang tepat bisa menjadi tugas yang sedikit memakan waktu. Sehingga Anda perlu mengumpulkan beberapa informasi tentang jenis lantai saat Anda merencanakan interior. Anda dapat memilih ubin atau vinyl, kayu keras, laminasi, dsb. Pilihannya tergantung pada biaya, area, serta pro dan kontra dari setiap opsi yang tersedia. Misalnya, saat menentukan lantai kamar mandi, sudah pasti Anda harus memeriksa apakah bahan yang digunakan akan membuat lantai kamar mandi licin atau tidak.

Merencanakan Anggaran Interior Anda

Faktor anggaran adalah persoalan yang cukup krusial yang sangat mempengaruhi keinginan kebanyakan orang untuk mendesain interior rumahnya. Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan desain interior terbaik Anda tidak selalu harus menghabiskan banyak uang.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa memutuskan budget yang Anda miliki berdasarkan daftar prioritas yang telah Anda rumuskan sebelum Anda mulai menghubungi desainer interior.  Lalu, untuk membuat proyek Anda lebih terjangkau, Anda mungkin bisa memecah proyek Anda menjadi beberapa tahap. 

Memilih Jasa Desain Interior Rumah Berkualitas

Merencanakan desain interior rumah memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Untuk merealisasikan apa yang menjadi keinginan Anda dan menghasilkan akhir yang baik. Sebaiknya Anda bekerja sama dengan desainer interior profesional yang memiliki pengalaman panjang di bidangnya. Bersama jasa desain interior nantinya Anda bisa mendapatkan desain denah 2 dimensi dan 3D virtual ruangan Anda yang membantu Anda memahami penggunaan dan proporsi ruangan.

Inspirasi Desain Interior Rumah

Dan berikut inspirasi konsep interior rumah yang bisa Anda adopsi untuk rumah Anda:

Interior Rumah Minimalis

desain interior rumah

Jika Anda menginginkan kesederhanaan dan penghematan budget dalam pembangunan atau renovasi rumah, maka gaya interior minimalis bisa menjadi pilihan paling tepat untuk Anda. Interior rumah minimalis berfokus pada pemanfaatan ruang secara maksimal. Disini perabot, dekorasi, dan embel-embel yang tidak memiliki fungsi penting dikurangi atau bahkan dihilangkan sama sekali. 

Selain itu, pemilihan warna-warna terang seperti putih menjadi sorotan utama dalam gaya interior satu ini. Namun, bukan berarti interior minimalis ini akan membuat rumah Anda tampak polos dan membosankan. Justru nilai estetika tercipta dari tampilan rumah yang terlihat lebih bersih, elegan, dan bebas dari kekacauan.

Interior Rumah Vintage

desain interior rumah

Selanjutnya, jika Anda menginginkan tampilan interior rumah yang terlihat lebih unik maka Anda dapat menjadikan interior rumah vintage menjadi pilihan. Pada gaya desain interior vintage ini, biasanya menggunakan tone warna coklat yang menghadirkan atmosfer dan visual klasik dan mewah.

Interior rumah vintage juga seringkali menambahkan elemen dekorasi yang cenderung memiliki nilai antik, yang umumnya dapat dilihat adanya garis melengkung nan ornamental yang menghiasi furniture maupun dinding rumah. 

Interior Rumah Kontemporer

Gaya interior rumah kontemporer juga menjadi salah satu gaya desain yang paling banyak digemari saat ini. Dengannya, Anda bisa menghadirkan suasana ruang yang rapi, bersih, dan modern. Ciri khas dari gaya interior kontemporer ini adalah terdapatnya garis-garis yang terlihat ramping dan kontras pada detail arsitektur, langit-langit, dinding, jendela, bahkan furniture. 

Selain itu, pencahayaan juga menjadi faktor penting lainnya pada interior kontemporer. Pencahayaan yang digunakan biasanya akan lebih difungsikan untuk menyorot dinding aksen atau elemen karya seni yang dihadirkan. 

Gaya Interior Bohemian

Untuk gaya desain interior bohemian, ruang rumah Anda nantinya akan terlihat benar-benar terlihat fleksibel, bebas karena gaya satu ini mencerminkan gaya hidup tanpa beban, berjiwa bebas dan sedikit aturan. Rumah-rumah bergaya bohemian biasanya akan menggunakan karpet dan kain-kain sebagai dekorasi. Tak jarang, juga memakai warna yang cukup berani seperti memadukan warna merah dan hijau. 

Itulah beberapa langkah yang harus Anda perhatikan ketika merencanakan/ merancang interior rumah Anda serta inspirasi desainnya. 

Apakah Anda Berencana untuk Merenovasi Interior Rumah?

Hubungi kami sekarang juga untuk mengkonsultasikan kebutuhan Anda dengan pakar desain Bintoro Interior!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This field is required.

This field is required.